Kamis, 15 Mei 2014


THE ART OF TEACHING

                Mengajarbukanlahsekedarkegiatanmenyampaikansesuatupada orang lain agar merekamaubelajardanmengikutiapa yang kitasampaikan. Namunlebihdariitu.Mengajarbukansoalketerampilanmenjelaskan.Bukan pula sekedarterkaitdengankemampuanmenguasaimateri ajar yang ingindisampaikan, atau pula terkaitdenganupayamewariskanpengetahuanpada orang lain, namunlebihdariitu.Mengajaradalahseni.Layaknyakaryasenilainnya, di dalamnyaterdapatkeindahan, pengetahuandan rasa yang harusdicurahkan.
                Padahakekatnya, ketikakitamengajarkitatelahmembuatkaryaseni yang mahabesardanluarbiasa.Jikakaryasenilainmenggunakan media yang cenderungstatis. Namunmengajarmenggunakan media yang dinamis, unikdansulituntukdimengerti.Media yang menjadipahatandarikaryasenidalamkegiatanmengajaradalahmanusia.Ya…., manusiaadalah media darikaryaseni yang kitaberiperlakuandalam proses mengajar.
                Mengapamengajaradalahseni?Jawabannyasederhana.Dalammengajartidakcukupkitahanyamenggunakanpengetahuan, namundidalamnyadiperlukanhatisebagaiinti sari dalam proses pemberianperlakukan. Teorimengajarsecanggihapapun yang kitaketahuitidaklahdapatsecaratepatmemberikangambaranmengenaiapa yang kitahadapidalammengajar, danbagaimanakitaharusmenyikapimanusia yang kita ajar. Pengetahuanhanyalahrambu-rambu
yang dapatkitagunakandalammengajar.Sedangkanhatimerupakankuncidankendali yang mengambilkeputusanketikakitamngajar.Di sinilahseniterhebatitukitahasilkan.Yaknisenimenatahatidanmemahamidenganhatisertamemberikanperlakukandenganhatiterhadapsetiapmanusia yang memasrahkanmasadepannyapadaperlakuankitadalammengajar.
                Ya…., manusiaadalahmahkluk yang unik, hidupdanpunyainisiatif.Namundemikiandibalikunik, dandinamisnyamanusia, kitaharusmampumemberikanperlakukan yang tepatsebagaibentukdarisenimengajar yang baik.Salah sedikitkitamemberikanperlakukan, makapertaruhannyateramatbesar, yaknihilangdanrusaknyapotensimanusia yang menjadi media karyasenidarimengajaritusendri.Jikadalamkaryasenilainkitabolehmembuatkesalahan, dalammengajartidak. Kesalahandalammengajarakanmemberikanakibat fatal yang barudapatdirasakandampaknyabeberapatahunmendatang.
                Pengetahuanbukanlahhalterpentingdalammengajar. Seluasdansebaikapapunpengetahuannya, namunketikaseorang guru tidakmenggunakanhatidalam proses mengajarnya, makaiaakankesulitandalammemahatkaryaseninyapadamanusia-manusiapilihan yang menjadi media karyaseninya. Banyak orang cerdasdanberpengetahuan, namunsedikitdari orang cerdasdanberpengetahuanitudengansukareladandenganhati yang tulusdapatmenjadi guru danpengajar yang baik.
                Jikadicermati, senimengajarbukanlahperkaramudahdangampang.Mengingatdidalamnyaterdapatbegitukomplekskomponenpendukungdanpembentuknya.Belumlagiresiko yang timbulkarenanya.Resikoterbesar yang takjarangdicermatibanyakparapengajaradalahkesalahanperlakuan yang diberikankepadamuridatausiswa.Kesalahanperlakuaniniakanmemberikandampakbesar yang kadangkurangdisadariolehpara guru sebagaipengajar.
                Jikaandaadalah guru, pernahkahandaberfikirtentangdampak yang ditimbulkankemuridatausiswajikaandaterlambatmasuk.Pernahkahandaberfikirketikaparamuridmelihatandapulanglebihawalsebelumwaktunya?Pernahkahandaberfikirapa yang adadibenakmurid-muridandaketikamerekamelihatandacemberut?
                Beberapapertanyaantersebutmasihterkaitdenganperilakuanda di sekolahatau di luarsekolah.Belumterkaitdenganinteraksilangsungdalamkelas.Beberapahaltersebutharusandacermati.Mengingatapapun yang andalakukanakanmemberikanefektertentu yang mungkinjarangkitasadari.
                Ketikaandamengajarkanpadasiswatentangdisiplin, namunmerekabeberapa kali melihatandadatangterlambat, kira-kiraapakahapa yang andaajarkanakanmerekaterapkan?Ketikaandamengajarkanpadasiswatentangkebersihan, namunmerekapernahmelihatsuatuhariandamembuangsampahsembarangtempat, lantasbisakahsiswamempercayaiandaatasapa yang andaajarkantentangkebersihan?
                Belumlagiketikaandaberinteraksi di kelassecaralangsungdengansiswa.Harusandasadaridanpahamisekecilapapungerak-gerikanda di kelasmenjadipusatperhatianbagisemuasiswa.Begitujugadenganperkataananda.Misalnyaketikaanda dikelasmengantuk, kemudiantanpasadarandamenguap.Menurutanda, apa yang ada di pikiransiswa? Belumlagiketikaandadengankerasmemarahisiswaataumengeluarkanperkataantertentu, itupastiakanmemberikandampakpadasiswa.
                Interaksiandadansiswaitulah yang menjadikaryaseniterbesar yang harusselaluandajagadanlakukandenganbaik.Berbagaipertanyaanreflektiftersebut yang mengisyaratkandanmemperkuatkeyakinansayabahwamengajaradalahsebuahkaryasenitingkattinggi yang memerlukankeseriusandantanggungjawabbesardalammenjalaninya.
                Ya… guru adalahsenimanterhebat yang mampumerubahdunia..

Tidak ada komentar:

Posting Komentar