THE ART OF TEACHING
Mengajarbukanlahsekedarkegiatanmenyampaikansesuatupada
orang lain agar merekamaubelajardanmengikutiapa yang kitasampaikan.
Namunlebihdariitu.Mengajarbukansoalketerampilanmenjelaskan.Bukan pula
sekedarterkaitdengankemampuanmenguasaimateri ajar yang ingindisampaikan, atau
pula terkaitdenganupayamewariskanpengetahuanpada orang lain,
namunlebihdariitu.Mengajaradalahseni.Layaknyakaryasenilainnya, di
dalamnyaterdapatkeindahan, pengetahuandan rasa yang harusdicurahkan.
Padahakekatnya,
ketikakitamengajarkitatelahmembuatkaryaseni yang
mahabesardanluarbiasa.Jikakaryasenilainmenggunakan media yang cenderungstatis.
Namunmengajarmenggunakan media yang dinamis, unikdansulituntukdimengerti.Media
yang menjadipahatandarikaryasenidalamkegiatanmengajaradalahmanusia.Ya….,
manusiaadalah media darikaryaseni yang kitaberiperlakuandalam proses mengajar.
Mengapamengajaradalahseni?Jawabannyasederhana.Dalammengajartidakcukupkitahanyamenggunakanpengetahuan,
namundidalamnyadiperlukanhatisebagaiinti sari dalam proses pemberianperlakukan.
Teorimengajarsecanggihapapun yang
kitaketahuitidaklahdapatsecaratepatmemberikangambaranmengenaiapa yang
kitahadapidalammengajar, danbagaimanakitaharusmenyikapimanusia yang kita ajar.
Pengetahuanhanyalahrambu-rambu
yang dapatkitagunakandalammengajar.Sedangkanhatimerupakankuncidankendali yang mengambilkeputusanketikakitamngajar.Di sinilahseniterhebatitukitahasilkan.Yaknisenimenatahatidanmemahamidenganhatisertamemberikanperlakukandenganhatiterhadapsetiapmanusia yang memasrahkanmasadepannyapadaperlakuankitadalammengajar.
yang dapatkitagunakandalammengajar.Sedangkanhatimerupakankuncidankendali yang mengambilkeputusanketikakitamngajar.Di sinilahseniterhebatitukitahasilkan.Yaknisenimenatahatidanmemahamidenganhatisertamemberikanperlakukandenganhatiterhadapsetiapmanusia yang memasrahkanmasadepannyapadaperlakuankitadalammengajar.
Ya….,
manusiaadalahmahkluk yang unik,
hidupdanpunyainisiatif.Namundemikiandibalikunik, dandinamisnyamanusia,
kitaharusmampumemberikanperlakukan yang tepatsebagaibentukdarisenimengajar yang
baik.Salah sedikitkitamemberikanperlakukan, makapertaruhannyateramatbesar,
yaknihilangdanrusaknyapotensimanusia yang menjadi media
karyasenidarimengajaritusendri.Jikadalamkaryasenilainkitabolehmembuatkesalahan,
dalammengajartidak. Kesalahandalammengajarakanmemberikanakibat fatal yang
barudapatdirasakandampaknyabeberapatahunmendatang.
Pengetahuanbukanlahhalterpentingdalammengajar.
Seluasdansebaikapapunpengetahuannya, namunketikaseorang guru
tidakmenggunakanhatidalam proses mengajarnya, makaiaakankesulitandalammemahatkaryaseninyapadamanusia-manusiapilihan
yang menjadi media karyaseninya. Banyak orang cerdasdanberpengetahuan,
namunsedikitdari orang cerdasdanberpengetahuanitudengansukareladandenganhati
yang tulusdapatmenjadi guru danpengajar yang baik.
Jikadicermati,
senimengajarbukanlahperkaramudahdangampang.Mengingatdidalamnyaterdapatbegitukomplekskomponenpendukungdanpembentuknya.Belumlagiresiko
yang timbulkarenanya.Resikoterbesar yang
takjarangdicermatibanyakparapengajaradalahkesalahanperlakuan yang
diberikankepadamuridatausiswa.Kesalahanperlakuaniniakanmemberikandampakbesar
yang kadangkurangdisadariolehpara guru sebagaipengajar.
Jikaandaadalah
guru, pernahkahandaberfikirtentangdampak yang
ditimbulkankemuridatausiswajikaandaterlambatmasuk.Pernahkahandaberfikirketikaparamuridmelihatandapulanglebihawalsebelumwaktunya?Pernahkahandaberfikirapa
yang adadibenakmurid-muridandaketikamerekamelihatandacemberut?
Beberapapertanyaantersebutmasihterkaitdenganperilakuanda
di sekolahatau di luarsekolah.Belumterkaitdenganinteraksilangsungdalamkelas.Beberapahaltersebutharusandacermati.Mengingatapapun
yang andalakukanakanmemberikanefektertentu yang mungkinjarangkitasadari.
Ketikaandamengajarkanpadasiswatentangdisiplin,
namunmerekabeberapa kali melihatandadatangterlambat, kira-kiraapakahapa yang
andaajarkanakanmerekaterapkan?Ketikaandamengajarkanpadasiswatentangkebersihan,
namunmerekapernahmelihatsuatuhariandamembuangsampahsembarangtempat,
lantasbisakahsiswamempercayaiandaatasapa yang andaajarkantentangkebersihan?
Belumlagiketikaandaberinteraksi
di kelassecaralangsungdengansiswa.Harusandasadaridanpahamisekecilapapungerak-gerikanda
di kelasmenjadipusatperhatianbagisemuasiswa.Begitujugadenganperkataananda.Misalnyaketikaanda
dikelasmengantuk, kemudiantanpasadarandamenguap.Menurutanda, apa yang ada di
pikiransiswa?
Belumlagiketikaandadengankerasmemarahisiswaataumengeluarkanperkataantertentu,
itupastiakanmemberikandampakpadasiswa.
Interaksiandadansiswaitulah
yang menjadikaryaseniterbesar yang
harusselaluandajagadanlakukandenganbaik.Berbagaipertanyaanreflektiftersebut
yang
mengisyaratkandanmemperkuatkeyakinansayabahwamengajaradalahsebuahkaryasenitingkattinggi
yang memerlukankeseriusandantanggungjawabbesardalammenjalaninya.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar